Laman

06 Desember, 2010

Artikel Rohani

Kohanim / cohanim / cohen : Gen Para Imam Besar masih bertahan Ribuan Tahun


Sebuah laporan surat kabar dari Yerusalem pada tanggal 3 Januari, 1997 menjelaskan tentang penemuan science tentang Gen yang unik yakni dari suku Imam dalam bangsa yahudi. Ajaib sekali, bahwa Gen ini bertahan selama ribuan tahun sampai sekarang dan dengan Ilmu pengetahuan kita dapat membedakan Gen Imam yahudi keturunan Imam besar HARUN dan Yahudi dari suku lain.

Gen ini berasal dari suku LEWI atau suku para Imam. Menariknya LEWI adalah orang yang terkenal karena kekerasan sikapnya bersama saudaranya Simeon dalama Alkitab. Sehingga Yakub dalam pemberian berkat kepada anak-anaknya meyebarkan mereka di antara suku ISRAEL supaya mereka jangan hidup dengan cara demikian. hal di sebabkan tindakan LEWI bersama saudaranya SIMEON kakak - kakak Dina, yang membunuh penduduk SIKHEM setelah adik mereka DINA di perkosa:



Kejadian 34:25-26
34:25 Pada hari ketiga, ketika mereka sedang menderita kesakitan, datanglah dua orang anak Yakub, yaitu Simeon dan Lewi, kakak-kakak Dina, setelah masing-masing mengambil pedangnya, menyerang kota itu dengan tidak takut-takut serta membunuh setiap laki-laki.
34:26 Juga Hemor dan Sikhem, anaknya, di bunuh mereka dengan mata pedang, dan mereka mengambil Dina dari rumah Sikhem, lalu pergi.

Yakub kemudian mengingat kekerasan kakak - kakak Dina ini dan menegur mereka:
Kejadian 34:30 : Yakub berkata kepada Simeon dan Lewi: "Kamu telah mencelakakan aku dengan membusukkan namaku kepada penduduk negeri ini, kepada orang Kanaan dan orang Feris, padahal kita ini hanya sedikit jumlahnya; apabila mereka bersekutu melawan kita, tentulah mereka akan memukul kita kalah, dan kita akan dipunahkan, aku beserta seisi rumahku."

Namun kedua kakak Dina ini menjawab:
Kejadian 34:31 Tetapi jawab mereka: "Mengapa adik kita diperlakukannya sebagai seorang perempuan sundal!"
Pada saat menjelang kematianya Yakub memberi berkat dan mengatakan bahwa SIMEON dan LEWI bersaudara akan di sebarkan di antara anak – anaknya (suku –suku ISRAEL) karena Yakub khawatir akan sikap keras mereka.

Kejadian 49:5-7
49:5 Simeon dan Lewi bersaudara; senjata mereka ialah alat kekerasan.
49:6 Janganlah kiranya jiwaku turut dalam permupakatan mereka, janganlah kiranya rohku bersatu dengan perkumpulan mereka, sebab dalam kemarahannya mereka telah membunuh orang dan dalam keangkaraannya mereka telah memotong urat keting lembu.
49:7 Terkutuklah kemarahan mereka, sebab amarahnya keras, terkutuklah keberangan mereka, sebab berangnya bengis. Aku akan membagi-bagikan mereka di antara anak-anak Yakub dan menyerakkan mereka di antara anak-anak Israel.

Gen ini yang kemudian beranak pinak sampai ke zaman Perbudakan orang Israel di Mesir. Kemudian Tuhan mendengar seruan orang ISRAEL sehingga Tuhan membangkitkan seorang nabi dan Imam dari salah satu suku ISRAEL yakni suku LEWI. Nabi tersebut tentu saja Musa dan Imam besar Harun. Tuhan, Allah telah berjanji bahwa Keturunan Harun selama-lamanya akan melayani sebagai Imam. Sekali lagi Ilmuwan berhasil membuktikan kebenaran perkatan Tuhan ini.

Sebuah berita pada surat kabar di Yerusalem bertanggal 3 Januari 1997 menjelaskan bahwa Ilmuwan menemukan Gen unik. Gen ini berasal dari para imam Yahudi yang tersebar di seluruh dunia. Gen ini di temukan di antara orang yahudi Eropa atau yang di sebut Ashkenazi dan juga Yahudi spanyol dan timur tengah di sebut Sephardi. Dan sampai sekarangpun perkataan Yakub benar adanya “……Aku akan membagi-bagikan mereka di antara anak-anak Yakub dan menyerakkan mereka di antara anak-anak Israel”. Ini adalah bukti kuat dan menunjukkan bahwa Gen ini berasal dari satu orang yakni imam besar Harun yang hidup 3500 tahun yang lalu. Prof. Karl Skorecki seorang ilmuwan nephrologists senior (spesialis darah) di Rumah Sakit Rambam - Haifa dan juga kepala penelitian tentang molekul di Israel’s Technion’s medical school. Bersama rekannya mempublikasikan penemuan mereka pada British science journal.

Para ilmuwan mengambil sample dari dari orang yahudi yang tidak mengetahui asal suku mereka di beberapa Negara. Mereka ditanyakan apakah mereka kohanim, keturunan imam yahudi. Gen fenotipe 188 adalah gen para imam Yahudi yang tidak terdapat pada gen yahudi lainnya. Jadi kalau dalam sample tidak di temukan fenotipe 188 maka orang tersebut bukan kohanim. Para peneliti menemukan kekuatan yang lebih besar dari YAP, DYS19B haplotype di gen kohanim. Ini adalah kromosom Y yang hanya di bawa oleh Gen Pria (Y=Pria, X= wanita) yang turun dari ayah ke anak laki –lakinya. Sedangkan DNA Mithokhondria ditransferkan dari kromosom X (wanita / ibu). Professor Skorecki menjelaskan bagaimana sifat kromosom Y ini di wariskan dari generasi ke generasi selama dua ribu tahun terakhir. Professor Skorecki tidak memilih sample berasal nama marga mereka (cohen, rappaport atau Shapiro dll). Selanjutnya, mereka di tanyakan apakah Tradisi keluarga mereka mengatakan bahwa mereka adalah kohanim.

Keluaran 29:28-29
29:8 Kau suruhlah anak-anaknya mendekat dan kaukenakanlah kemeja-kemeja itu kepada mereka.
29:9 Kau ikatkanlah ikat pinggang kepada mereka, kepada Harun dan anak-anaknya, dan kaulilitkanlah destar itu kepada kepala mereka, maka merekalah yang akan memegang jabatan imam; itulah suatu ketetapan untuk selama-lamanya. Demikianlah engkau harus mentahbiskan Harun dan anak-anaknya.

Sang Profesor sendiri adalah kohen (cohen). Ia bertemu dengan Kohen lainnya dalam sebuah synagogue dan bertanya – Tanya jika mereka mempunyai hubungan secara genetika seperti yang injil katakan bahwa mereka adalah keturunan imam besar Harun. “Saya ingin mengetahui jika ada hubungan secara genetika”. Di perkirakan sekitar 5 % (350.000) dari 7 juta Pria Yahudi adalah keturunan Imam Yahudi (kohanim). Para Imam ini yang bekerja di bait Allah di dekat tabut perjanjian sejak zaman Harun. Tuhan mengatakan bahwa mereka tidak akan di berikan wilayah seperti suku – suku ISRAEL lainnya. Sebaliknya Orang Lewi akan menerima perpuluhan dari korban dalam bait suci. Sejak tentara Roma membakar Bait Suci pada tahun 70 M, Para keturunan kohanim tetap menjaga keturunan mereka dengan tidak menyentuh mayat atau menikahi seorang wanita yang pernah menikah (janda.

Keluaran 40: 14-15

40:14 Juga anak-anaknya kau suruhlah mendekat dan kau kenakanlah kemeja kepada mereka.
40:15 Urapilah mereka, seperti engkau mengurapi ayah mereka, supaya mereka memegang jabatan imam bagi-Ku; dan ini terjadi, supaya berdasarkan pengurapan itu mereka memegang jabatan imam untuk selama-lamanya turun-temurun."

Bilangan 25:13
untuk menjadi perjanjian mengenai keimaman selama-lamanya bagi dia dan bagi keturunannya, karena ia telah begitu giat membela Allahnya dan telah mengadakan pendamaian bagi orang Israel."

Dr. Skorecki dan rekannya menemukan sebuah fenomena YAP, DYS19B haplotype pada keturna imam yahudi tetapi tidak menemukan gen yang sama pada keturunan yahudi lainnya yang bukan keturunan kohanim. Gen ini di temukan dari yahudi Eropa (Ashkenazi) dan yahudi Spanyol dan timur tengah (Sephardi) dan juga dari bangsa yahudi yang tersebar di seluruh Dunia. Ini adalah bukti bahwa Keturunan Harun atau keturunan para Imam tetap ada seperti yang di katakan injil. Ini juga bukti bahwa keturunan imam ini di sebarkan ke anak-anak yakub tidak hanya pada zaman lampau tetapi juga di zaman ini di eropa (Ashkenazi) dan juga spanyol dan timur tengah (sephardi) dua etnik yahudi terbesar di dunia, dan tentu saja ini telah melewati ribuan tahun.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar